Indomie Vintage

Udah tau dong ya soal indomie vintage atau indomie jadul


Indomie mengeluarkan seri vintage dalam rangka HUT indomie yang ke 45

Satu paket indomie vintage berisi 5 yang terdiri dari 2 indomie rebus rasa kaldu ayam, 2 indomie goreng dan 1 indomie rebus rasa kari ayam. Paket ini dikemas didalam tas kecil berwarna putih yang ada gambar indomie nya.  Nah yang kemasan ini beredar di minimarket, dengan harga 16900 – 17900, saya membeli di minimarket sebrang rumah dengan harga 17900.

Tapi dari sebuah artikel yang pernah saya baca, di PRJ kemayoran di jual kemasan yang lebih besar dengan isi 10bungkus, karna saya tidak berkunjung kesana jadi saya tidak tau dan baru mengetahui indomie kemasan vintage setelah lihat di minimarket aja.


Dan indomie vintage ini gak hanya kemasannya aja yang vintage tapi rasanya juga disesuaikan

Untuk indomie goreng , hanya ada bumbu, bubuk cabe , kecap dan minyak sayur, tidak ada bawang goreng dan saus sambal , begitu juga dengan indomie rasa kari ayam tidak dilengkapi bawang goreng seperti edisi yang sekarang.


Soal rasa jelas berbeda, tapi soal menilai lebih enak yang mana seri vintage dan saat ini. Saya rasa itu soal selera individu, untuk saya pribadi setelah mencoba yang saya rasakan , rasanya lebih light ( Ringan ) dibanding indomie versi sekarang, overall saya suka karna saya sedang mengurangi garam.


Dan keuntungan dari dikeluarkan versi vintage secara limited, untuk yang usia matang bisa bernostalgia dengan rasa indomie pada masa 1972 – 1982, dan untuk yang remaja saat ini bisa merasakan juga gimana sih rasa indomie pada tahun sebelum mereka lahir.

Advertisements

Martabak Pandan keju ( Teflon )

Nah my boy suka banget sama martabak Ini, klo beli terus ya terkuras dong kantong undanya..😝

Dicobalah buat ,ternyata mudah dan enak juga , cuss coba yuk resepnya ..

Bahan :

10 Sdm Tepung terigu

3 Sdm Gula pasir

½ sdt Baking Powder

½ sdt Ragi Instan

½ sdt garam

1 Butir telur ayam

180 ml air / susu cair

½ sdt Pasta pandan

 

Pelengkap :

Gula pasir , mentega/ margarine, susu kental manis , keju parut

 

How to :

1.       Campur tepung, gula, baking powder, dan ragi aduk rata masukkan air aduk hingga halus lalu masukkan telur aduk rata , diamkan minimal 30 menit.

2.       Setelah 30 menit masukkan garam dan pasta aduk rata

3.       Panaskan Teflon masukkan adonan tutup , tunggu hingga berlubang taburi gula pasir tutup lagi hingga matang

4.       Angkat olesi mentega yang banyak, belah dua rapatkan.

5.       Taburi keju parut dan susu kental manis lalu tumpuk, potong sesuai selera.

Tapi kemarin sempet complain juga dia, katanya martabaknya kebesaran dia jadi susah menggigitnya Karna mulutnya mungil 😄 request dibuatkan yg kecil2 aja agar mudah dimakannya 🙂

Rainbow cake kukus

Ini agak telat ya post nya , buat ini bulan desember kemarin saat my boy birthday 😘

Biasanya dia hanya minta cake chocolate tapi Kali ini requestnya rainbow cake, dan juga tidak meminta dipakaikan edible Karna sudah mengerti harga edible cukup mahal untuk kita , love you son 😘

Ini dia resepnya ..

Bahan :

8 Butir Telur

1 Sdt  SP ( emulsifier )

250 gram tepung terigu

100 gram susu bubuk putih

250 gram gula pasir

100 gram White cooking chocolate ( Dicairkan )

Garam & vanili secukupnya

300 gram margarine ( Di cairkan )

2 Sachet susu kental manis

½ sdt Baking powder

Pewarna makanan Merah, Orange, Kuning, Hijau, Biru dan Ungu

 

Pelengkap :

Whipcream bubuk, mixer sesuai petunjuk .

Keju parut,Dark cooking chocolate, Chaca & Oreo.

 

 

How To :

 

1.       Siapkan Loyang ( Saya pakai Loyang square 20×20) olesi dengan minyak goring, sisihkan.

2.       Cairkan margarine dan white cooking chocolate.

3.       Kocok telur, sp, vanili dan gula pasir hingga mengembang dan kaku

4.       Ayak tepung terigu , susu bubuk, Baking powder dan garam lalu

Masukkan ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit.

5.       Masukkan margarine dan white cooking chocolate yang sudah dicairkan

6.       Aduk rata hingga homogen lalu masukkan susu kental manis

7.       Bagi adonan 6 bagian sama rata masukkan masing2 pewarna aduk hingga warna merata

8.       Kukus masing2 adonan kurang lebih 10 -15 menit per warna

9.       Susun cake, tiap lapisnya di oles whipcream dan ditaburi keju parut susun hingga habis oles smua bagian cake dengan whipcream , hias dengan dark cooking chocolate yang telah dicairkan taburi chaca dan oreo,atau hias sesuai selera.

Rujak Bebeg

image

Rujak bebeg adalah makanan traditional, komposisi dari rujak bebeg terdiri dari pisang batu , talas , nanas ,bengkuang, jambu biji, kedongdong, jambu air , garam, terasi bakar, cabe rawit , cabe merah ,gula merah, di tumbuk disebuah lumpang kayu sampai hancur.

image

Rasa dari rujak bebeg , asam,manis dan pedas bercampur jadi satu, biasanya dijajakan di pinggir Jalan, penjual rujak bebeg berkeliling dari gang ke gang.

Harga dari rujak bebeg bervariasi mulai dari 3000 – 5000 rupiah saja kita sudah bisa menikmati rujak bebeg.

Untuk level pedas juga bisa di buatkan sesuai permintaan, saya membeli rujak bebeg di depan rumah saya yang memang terletak agak masuk kedalam gang di pinggiran Jakarta.

Bolu Kukus Mix warna

image

image

Bukan ini bukan jenis kue putu ayu yang paduan rasa santan da topping kelapanya bikin nagih itu.. ini bolu kukus , awal nya saya bermaksud mencetaknya di loyang besar tapi seperti biasa my boy ikutan dan memilih untuk memcetaknya di loyang putu ayu.

My boy lagi bosan bawa snack roti tawar dan martabak mie, ditambah lagi kualitas roti tawar yang di bawakan bapak langganan menurun 😈

okelah buat snack sendiri saja untuk dibawa sekolah ya, jelas lebih enak dan sehat pula.

Bahan – Bahan :

Telur 4 butir ( saya pakai telur omega )

Gula pasir 250gram

Tepung terigu 250 gram

Susu bubuk 5 Sdm

SP 1 Sdt

vanili secukupnya

Margarin 200gram ( Lebih enak yang sudah mix butter )

1 sachet susu kental manis putih

pasta/pewarna kue

Cara :

Mixer telur,gula,sp,dan vanili sampai kental dengan speed tinggi, turunkan speed keangka 1, masukkan terigu dan susu sedikit2 bergantian dengan margarin cair dan skm, matikan mixer aduk dengan spatula bagi2 adonan beri pasta/pewarna aduk hingga warnanya merata.

siapkan loyang, oles dengan minyak goreng masukkan adonan bergantian lalu kukus dengan api sedang hingga matang.

Note :

Hasil dari resep ini kurleb 25 buah dengan cetakan kue putu ayu, bisa lebih banyak bila adonan hanya diisi 3/4, saya mengisi adonan dengan penuh di cetakan hingga hasilnya lebih jumbo 😋

Dari Resep ini bisa di buat rainbow cake kukus juga, tinggal dibagi adonan menjadi 7 warna.

Mengoperasikan Mesin Tik Brother GX-8250

image

Pagi ini AC diruangan saya bocor, merembes ke lampu yg letakny pas di atas meja saya yg mana ada mesin ketik elektronik disitu. alhasil harus di pindahkan letak mesin ketiknya dan di swich off.

perihal mesin ketik ini, saya baru menggunakan dan belajar mesin mengopersikan mesin ketik di kantor ini, sebelumnya tida pernah menggunakan mesin ketik untuk operasional kerja  , karna awam saya berusaha mencari tutorialny di mbah google, namun tidak mendapatkan yg mendetail, maaf karna saya awam soal mesin ketik jadi saya benar2 blank gitu .. *dodol maksudnya 😝

Share saya kali ini perihal cara operational mesin ketik elektronik merk Brother GX-8250, siapa tau di luar sana ada yg sama seperti saya, tidak paham operational mesin ketik jenis ini 🙂

Mesin ketik ini ada 2 cara penggunaan, dengan display dan tanpa display.

1.Bila tanpa display kita tinggal ketik kalimat yg diinginkan dan akan langsung tercetak huruf – hurufnya di kertas.

2.Dengan display, kita ketik dulu kalimatny dan akan terlihat di display apa yg kita ketik sehingga bisa di koreksi bila ada kesalahan ketik.

biasanya saya menggunakan cara kedua, karna saya sering salah ketik huruf 

dan step yang saya gunakan adalah di awali dengan mensetting terlebih dahulu mesin ketiknya.

1. Swich ON mesin ketik , pada display akan terlihat menu yang ada.

2. Setting margin kanan dan margin kirinya dengan cara : 

Tekan ALT + M REL secara bersamaan lalu tekan BACK SPACE sampai letak yang diinginkan lalu Tekan ALT + L MAR ( untuk letak margin kiri )

Tekan ALT + M REL secara bersamaan lalu tekan tombol spasi sampai letak yang diinginkan lalu Tekan ALT + R MAR ( untuk letak margin kanan )

3. kemudian setting PITCH yang di perlukan , ALT + PITCH pilih pitch yang diperlukan 10 atau 15

4. Setting LINE yang diperlukan, ALT + LINE pilih line yang diperlukan 1 atau 2

5. Lalu pilih mode yang diperlukan DISPLAY atau tanpa display dengan cara , tekan ALT + RELOC , lihat tanda panahnya tekan pelan sampai tanda panah menunjuk ke bawah ( tanda L/L )

Nah mesin ketik dengan mode display siap di gunakan 

Note : Bila mesin ketik di swich off maka harus di setting ulang bila menginginkan meng operasikannya dengan mode display.

Olahan Puff Pastry

Jakarta, 5 Oktober 2016

Waktu kemarin membuat zuppa soup saya masih memiliki sisa dari adonan puff pastry instant.

image

Saya pakai yg merk Edo ini ,dalam kemasan nya terdiri dari 1 lembar puff berukuran 88x 20 cm *klo gak salah segitu ukurannya.
Dari satu lembar itu saya potong menjadi 4 sekitar 20x20cm , untuk penggunaan zuppa soup sebanyak 6 cangkir yg terpakai hanya 1,5 bagian , so masih ada 2,5 bagian yg rasanya sayang bila tidak langsung di olah.

Dari adonan berukuran 20×20 saya potong 4 menjadi 10x10cm , saya beri isian keju parut dan meises ditengahnya lalu dilipat 2 seperti dompet, sisi2nya di tekan2 dengan garpu , lalu bagian atasnya dioles dengan kuning telur, saya buat 3 buah sehingga masih Ada 1 sisa ukuran 10×10, saya potong 2 berbentuk segitiga bagian yg sama kaki saya Isi keju dan meises lalu digulung kearah segitiga yg paling lancip hingga menyerupai bentuk sumpia kemudian disatukan masing2 ujungnya. Hmm.. Agak sulit menjelaskan dengan kata2 karna saya tidak Ada step by step photonya:mrgreen:

image

Sekarang saya masih punya 1,5 lembar adonan puff, satu lembar ukuran 20×20 saya oles dengan kuning telur ditaburi keju parut dan meises lalu digulung seperti roll cake kemudian dipotong2 setebal 1 cm , sehingga menyerupai danish lalu permukaan atasny dioles kuning telur , sisa setengah lembar adonan puff saya olesi kuning telur dan ditaburi keju parut lalu dipotong2 memanjang pelintir adonan lalu susun di Loyang ,smua adonan yg sudah dibentuk di panggang dengan suhu 200derajat , foto diatas adalah tampilan setelah di panggang dengan api bawah.

image

Ini tampilan akhirnya, untuk Varian puff tidak Ada yg gosong rasanya juga gk kalah dengan produksi bakery, silakan dicoba 🙂