Zuppa Soup Praktis

Jakarta, 3 Oktober 2016

image

Abaikan warna hitam dipastry nya, aslinya gk segitu hitamnya, efek dari kamera handphone jadul jadi lebih gelap 😄 *ngeles ..
Untuk membuat zuppa soup kita harus membuat cream soup nya terlebih dulu, isian dari cream soup juga beragam tergantung bahan yg kita punya aja, bisa wortel,jagung, jamur ,sledry juga daun bawang, ditambahkan potongan ayam dan beef juga boleh, suka – suka aja. Kali ini saya membuatnya dengan jagung aja karna sayuran yg tersisa dilemari es tinggal itu dan weekend dirumah saya tukang sayur juga libur 😁, oke cuss resepnya :

Bahan :
Cream Soup
1 buah jagung di pipil, blender dengan segelas air.
1/2 Butir Bawang Bombay dengan ukuran sedang ,dicincang.
2sdm margarin
2sdm tepung terigu
1 gelas susu cair
1 gelas air
1 sachet kaldu bubuk
1 sachet lada bubuk
Garam secukupnya

Bahan lain :
Puff pastry instant, ( saya pakai merk Edo )
1 butir telur di kocok untuk olesan

Cara :
1. Buat cream soupnya dulu, tumis bawang Bombay dengan margarine, sampai layu dan margarin cair lalu masukkan terigu ,aduk rata masukkan jagung yg diblender ,lada, juga kaldu aduk hingga tidak Ada yg bergerindil ,masukkan susu dan air aduk tunggu meletup tambahkan garam, cicipi dulu.
2. Masukkan cream soup kedalam cangkir kurleb 3/4 nya, memasukkan soupny ini gk boleh kepenuhan ya Karna nanti begitu kena panas soup akan meninggi dan mengenai puff pastry, kalau puff pastrynya basah bisa tidak mengembang maka yg paling pas 3/4 saja.
3. Potong puff pastry sesuai ukuran cangkir kurleb 10×10 ,letakkan diatas mulut cangkir rekatkan ke badan cangkir tanpa perlu dioles apa2 puff sudah bisa melekat , lalu oles permukaan atas puff dengan telur taburi parutan keju.
4.panaskan oven dengan suhu 200derajat selama 10menit, saya memakai otrik merk kirin, saya pakai api bawah dulu selama 20 menit dan kemudian api atas 20menit, tapi ternyata suhu oven saya tidak sama atas dan bawah, untuk api atas 200derajat terlalu panas sehingga menghitam lah puff nya 😝 akhirnya suhu nya saya turunkan 150 derajat untuk api atas. Kenapa saya tidak langsung memakai api atas bawah? Itu Karena listrik dirumah saya watt nya kurang 😄 sehingga dikhawatirkan turun , jadi saya memakai api atas dan bawah secara bergantian .
5. Untuk penyajiannya zuppa soup nikmat disajikan dengan saus sambal. Dari resep ini hasil nya 6 cangkir zuppa soup.
Silakan di coba resepnya, nikmat loh dimakan dimusim penghujan seperti sekarang ini 🙂

Pempek Ebi

Jakarta, 3 oktober 2016

image

Sabtu kemarin berkaitan dengan ultah mama ditanggal 2, saya mencoba membuat pempek ebi sebagai hidangan untuk mama, gk pempek aja sih , tapi saya juga membuat zuppa soup dan varian dari puff pastry nya juga, sebenarnya maunya membuat pempek dengan bahan dasar ikan, tapi karna budgetnya yg saat ini belum mencukupi ya akhirnya bikin pempek ebi , yg penting niatnya kan 😋  , lagi pula rasanya juga lumayan kok dan juga empuukk..
Photo diatas adalah hasil pempeknya sebelum digoreng, bentuknya belum sempurna dan ukurannya pun gak sama :), finno ikut excite membentuk pempek , dia membuat dengan ukuran yang mini2 bahkan dia menyebutnya dengan varian baru pempek, pempek mini katanya, setelah matang pun dia lahap sekali memakannya, untuk photo yg setelah di goreng tidak Ada Karna lupa di photo udah keburu disantap.
Cuss ya resepnya nih ..

Bahan :
Biang
250 gram tepung terigu
Air 500ml
Garam 2sendok teh
1 sachet kaldu bubuk
Ebi 50gram, dihaluskan
Bawang putih 6buah dihaluskan

Bahan lain :
Tepung tapioka 500gram
Telur 2 butir
Telur 3 butir ( untuk Isi )

Cuko :
300gram gula merah
100gram gula putih
2 sachet asam
1sdt garam
2 siung bawang putih ( terdiri dari 18 – 20 buah bawang)
2sdm cuka masak
3 gelas air
30buah cabe rawit

Cara :
1.Buat biang terlebih dahulu , masak air ,garam,kaldu, ebi&bawang putih yang dihaluskan tunggu mendidih masukkan terigu aduk2 dengan sendok kayu, matikan api pindahkan adonan ke mangkuk besar , masak air dipanci besar untuk merebus.
Biang yg sudah agak dingin, diuleni dengan telor aduk rata /mixer dengan whisk spiral setelah merata masukkan tapioka perlahan uleni dengan tangan sampai kalis.
2. Kocok telur di dalam sebuah gelas ukur, sisihkan.
3. Bentuk pempek menjadi pempek lenjer dan kapal selam, untuk yg kapal selam agak tricky untuk pemula seperti saya, buat bulatan tekan tengahnya agak dalam bentuk seperti mangkuk Isi dengan telur kocok kurleb 3/4 Karna begitu di katupkan telur akan naik dan keluar dari permukaan atas jadi jangan penuh2, rapatkan sisi atasnya lalu rebus sampai smua adonan habis ,proses perebusan kurleb 20menit.
4. Angkat dan tiriskan dari air rebusan.
5. Buat cuko :
Haluskan bawang putih, ebi, cabe rawit dan garam, rebus dengan 3 gelas air , masukkan gula merah yg sudah dihancurkan tambahkan gula pasir aduk hingga larut , matikan api tambahkan cuka ,aduk rata lalu saring.
6. Goreng pempek hingga kecoklatan, tiriskan minyaknya potong2 pempek sajikan dengan cuko ,irisan ketimun dan mie , kemarin dari resep ini menghasilkan kurleb 26 pempek dengan ukuran yang tidak sama 😄 . selamat mencoba .

Tentang Sebuah Sepatu

image

Jakarta 14 January 2016

February 2015, seorang sahabat pulang dari luar negri dia menawarkan untuk bertemu setelah beberapa tahun tidak bersua, dia datang dengan kemajuan karirnya, kesempurnaan kelurganya.. wow setiap yang mendengar pastilah iri. sedangkan saya berbanding terbalik darinya, saat itu saya baru saja menerima akta cerai, dan masih dengan usaha mencari pekerjaan , ya walaupun setelah tahun berganti saya pun blm jua dapat pekerjaan, tapi saya tidak ada rasa iri kepadanya , rejeki sudah diatur kan. saya bahagia melihat sahabat saya bahagia, dan kita tetap saling mendoakan yang terbaik untuk hidup kita masing – masing.

saat kita bertemu dia memberikan beberapa oleh-oleh yang menurut ukuran saya pastilah mahal. dan saya jadi merasa tidak enak menerimanya. dia juga mentraktir saya makan juga membelikan mainan untuk anak saya satu2nya, dia menawarkan saya untuk membeli sesuatu untuk keperluan saya, lalu saya meminta sebuah sepatu karna sepatu saya sudah jebol.. hahaha

sepatu itu selalu menemani saya kemanapun, tiap menghadiri interview , berjalan kaki untuk mengirit ongkos, kesekolah anak, pengajian bahkan kondangan, hahaha

karna saya hanya pnya sepatu ini, maka selalu saya pakai. 

tak terasa sudah hampir satu tahun sepatu ini menemaniku dalam susah senang, sebagian alasny sudah aus tergerus aspal, agak soak sehingga air hujan bisa masuk menembus kulit kakiku.

biasanya kalau tujuan saya untuk interview saya akan ke toilet gedung untuk menyumpal sepatu saya dengan tissue, biarlah saya merasakan hal ini asalkan anak saya tetap bisa memakai alas kaki yang bagus dan terlindungi kakinya.

tak terasa pahala sahabat ku yang membelikan sepatu ini hampir berjalan satu tahun, dan aku makin bersyukur disaat kondisiku yang dibawah, Allah masih memberikan seorang sahabat yang murah hati dan tetap ada disamping ku walaupun aku dalam keadaan yang tidak sejahtera. dan kepada sahabat ku semoga Allah memberikan rejeki yang kian berlimpah dan kemudahan dalam setiap masalah.

Resep Seblak

image

Senin lalu ( 22/8 ), q izin pulang lebih awal Karna mau cek darah si unyil yg sedang demam 3 hari belakangan, Karna q pulang siang , sore hari ada dirumah rasany iseng aja.. Kebayang seblak yg tadi siang q lihat di jalan , liat2 Isi kulkas ada baso beberapa, telor tinggal 1 butir, otak2 1 juga
Cek bumbu2 jg sekarat stoknya, Ada sisa kerupuk juga yg jenisnya udah mix gitu, kerupuk bawang,kerupuk udang,ada macaroni sedikit juga.. Hiks bener2 deh tanggung bulan banget ,hahaha
Cuss deh eksekusi bahan2 sisanya yaa..
Bahan :
1. Macaroni, kerupuk campur, kira2 satu gelas
2. Baso 3,otak2 1 diiris semua
3. Telor 1
4. Bawang merah 2,bawang putih 1, cabe merah dan rawit total 5, smua di haluskan.
5. Garam dan kaldu bubuk

Cara :
1. Rebus macaroni dan kerupuk tambahkan sedikit minyak, rebus hingga lunak.
2. Sementara itu haluskan bumbu2, sisihkan.
3. Panaskan minyak, tumis baso dan otak, sisihkahkan.
4. Tumis bumbu, hingga harum.
Masukkan kerupuk yg sudah direbus, aduk rata.
5. Masukkan telor , acak2 ,lalu masukkan baso dan otak2 aduk smua nya.
6. Siapkan air setengah gelas , larutkan kaldu dan garam, lalu masukkan k dalam kerupuk, aduk merata. Tunggu sampai air mengering ,angkat sajikan.

Dan seblaknya pun ludes q makan berdua mama. Seharusnya sih pakai kencur yaa tapi karna bumbu yg tersisa itu aja ya sudahlah. Hahaha..

Buburia ,Bubur instan

image

Masih suasana lebaran , lebaran hari kedua di pinggiran Jakarta, pengen banget makan bubur ayam keliling, tapi sepertinya tukang bubur nya masih ada dikampungnya, rasanya agak begah beberapa hari makan ketupat bener2 pengen sarapan buryam.
Tengok ke alfamidi ada buburia harga promo Rp.2200, cuss di cobain deh , dalam sebungkus buburia terdiri da

image

ri:

Cara buatnya gampang, bubur instannya diseduh dengan air panas 180ml, aduk2 lalu tunggu 3 menit, setelah itu masukan kecap ,minyak,saus dan bumbu, aq hanya memasukkan separuh dari bumbu, Karna takut ke mecinan.

image

Tambahkan topping kerupuk dan kacang kedelai yg ada dalam kemasan,hasilnya seperti diatas.
Rasanya lumayan untuk mengobati kerinduan akan bubur ayam, tapi pastinya rasa tidak sama dengan bubur asli, namanya juga bubur instant 🙂

Kincir Mainan Traditional

image

Kemarin di dalam kopaja ada penjual mainan kincir, Karna anak q gk sekolah di sekolah yg membolehkan penjual masuk, dia gk pernah lihat mainan semacam Ini, sebelumnya dia juga gk tau kalau yg berdiri didekatnya penjual mainan 🙂 , q inisiatif membelikan mainan itu seharga 5rb, ngaku deh pasti pada gatel mau nawar kan harga 5rb untuk mainan jaman emak bapaknya kecil, tapi kalau beli mainan yg kekinian gk bakal nawar ,hahahaha..
Anak q excite yaa dia baru ngeh kincirnya akan mengeluarkan bunyi ketika berputar, hahaha..
Saking senengnya dia bawa tidur, dan pagi tadi kincirnya kejepit si abang, jadi gepeng2 deh.. Dia ngambek deh 🙂

Taman Dadap Merah

Hari ini finno minta quality time dengan q, gk ketempat yg mewah dan mahal, gk ke mall tapi dia cuma minta ke taman dadap yg lokasinya dekat dr skolahnya.
Letaknya di jl. Joe , sebrang SD Negri 09 , dari situ jalan sekitar 200M menuju taman dadap merah. Taman ini fasilitas pemerintah ya jadi gratis tis tis, gk ada biaya tiket masuknya.
Tiba didepan pintu masuk Ada beberapa tukang2 makanan yg berjejer di depan pagar, jadi kalau mau skalian sarapan pagi setelah lari pagi di dalam taman dadap, bisa langsung menikmati beberapa pilihan makanan, seperti bubur ayam, crepes, batagor, sosis bakar, dan tahu bulat.
Didalam taman Ada fasilitas taman bermain anak, jadi kalau ayah bunda punya budget terbatas seperti saya :p , gk Ada salahnyaa kan diajak quality time di taman 🙂

image

image

Disini juga ada fasilitas tempat sampah yg berbentuk binatang seperti panda, katak dan lumba2, juga bentuk buah2an seperti mangga , strawberry dan manggis, so jangan buang sampah sembarangan ya, bisa banjir.

image

Ditaman ini juga Ada toilet , 2 tempat tapi sayangnya 1 tidak berfungsi dan sangat Kotor.
Yang 1 lagi masih berfungsi tapi kurang terawat. Untuk kebersihan ini tanggung jawab bersama ya, Karna fasilitas umum seharusnya pengguna juga turut menjaga kebersihannya seperti yg tertera pada papan peraturan di taman.

image

Nah kesadaran penggunanya yang harus ditingkatkan nih :), kondisi kali yg Ada didalam taman juga cukup menyedihkan Karna kotor dan banyak sampahnya. Semoga kedepannya pengguna fasilitas bisa lebih sadar diri untuk menjaga kebersihan lingkungan taman :).