Mengoperasikan Mesin Tik Brother GX-8250

image

Pagi ini AC diruangan saya bocor, merembes ke lampu yg letakny pas di atas meja saya yg mana ada mesin ketik elektronik disitu. alhasil harus di pindahkan letak mesin ketiknya dan di swich off.

perihal mesin ketik ini, saya baru menggunakan dan belajar mesin mengopersikan mesin ketik di kantor ini, sebelumnya tida pernah menggunakan mesin ketik untuk operasional kerja  , karna awam saya berusaha mencari tutorialny di mbah google, namun tidak mendapatkan yg mendetail, maaf karna saya awam soal mesin ketik jadi saya benar2 blank gitu .. *dodol maksudnya 😝

Share saya kali ini perihal cara operational mesin ketik elektronik merk Brother GX-8250, siapa tau di luar sana ada yg sama seperti saya, tidak paham operational mesin ketik jenis ini 🙂

Mesin ketik ini ada 2 cara penggunaan, dengan display dan tanpa display.

1.Bila tanpa display kita tinggal ketik kalimat yg diinginkan dan akan langsung tercetak huruf – hurufnya di kertas.

2.Dengan display, kita ketik dulu kalimatny dan akan terlihat di display apa yg kita ketik sehingga bisa di koreksi bila ada kesalahan ketik.

biasanya saya menggunakan cara kedua, karna saya sering salah ketik huruf 

dan step yang saya gunakan adalah di awali dengan mensetting terlebih dahulu mesin ketiknya.

1. Swich ON mesin ketik , pada display akan terlihat menu yang ada.

2. Setting margin kanan dan margin kirinya dengan cara : 

Tekan ALT + M REL secara bersamaan lalu tekan BACK SPACE sampai letak yang diinginkan lalu Tekan ALT + L MAR ( untuk letak margin kiri )

Tekan ALT + M REL secara bersamaan lalu tekan tombol spasi sampai letak yang diinginkan lalu Tekan ALT + R MAR ( untuk letak margin kanan )

3. kemudian setting PITCH yang di perlukan , ALT + PITCH pilih pitch yang diperlukan 10 atau 15

4. Setting LINE yang diperlukan, ALT + LINE pilih line yang diperlukan 1 atau 2

5. Lalu pilih mode yang diperlukan DISPLAY atau tanpa display dengan cara , tekan ALT + RELOC , lihat tanda panahnya tekan pelan sampai tanda panah menunjuk ke bawah ( tanda L/L )

Nah mesin ketik dengan mode display siap di gunakan 

Note : Bila mesin ketik di swich off maka harus di setting ulang bila menginginkan meng operasikannya dengan mode display.

Advertisements

10 thoughts on “Mengoperasikan Mesin Tik Brother GX-8250

  1. info ini yang saya cari..
    mau tanya donk,
    klo pake mode display berguna supaya ga salah ketik kan ya? jadi bisa dibaca dulu, setelah yakin baru dicetak kan?
    berapa hurup atau kalimat yang bisa dibaca pada display sebelum dicetak?
    apakah mesin tik jenis ini bisa untuk media yg agak tebal? saya berniat beli mesin jenis ini untuk mencatat setoran karyawan, medianya seperti buku tabungan bank..apakah ketebalannya bisa masuk?

    thanks ya

    • Iyaa, kita mengetik dulu akan terlihat di display sehingga bisa dikoreksi ,kurang lebih 15 huruf yang terlihat di display, untuk kertas yg lebih tebal bisa di adjust di tombol yg disebelah kanan ,tekan dulu agar lebih lebar celah kertasnya ,masukkan kertas lalu kunci kembali , roll kertas ke arah atas lalu ketik.

  2. kalok mau mbalikin huruf yang kacau gimana misal mengetik di tuts huruf ” G ” tapi keluarnya huruf n gimana dong cara ngembaliin biar yang ‘G” tetep ‘G”

    • Di reset ulang dulu,tekan tombol ALT + Reset , lalu matikan dan hidupkan kembali mesin ketik, Cek juga apakah pita tinta masih cukup?kadang bila tinta hampir habis mesin suka memberi tanda seperti itu “error”.

    • Untuk di mesin jenis GX-8250 , untuk pengaturan pitch nya tekan alt + pitch ( angka 1 ) di jenis ini hanya Ada 2 pilihan 10 dan 15 , tekan angka 1 sampai kursor berpindah di pitch yg diinginkan

  3. bagaimana cara reset mesin ketik agar kembali ke settingan awal keluar pabrik (seperti halnya HP, di reset ke settingan pabrik). karena banyak yg pencet2, jadi mungkin ada program yg aktif. huruf yg keluar bukan huruf yg dipencet di keyboard. terima kasih

    • Maaf sekali pak saya belum pernah mereset seperti Itu, apa tinta sudah diganti?kadang saya mengalami hal seperti itu (hasil ketikan tidak sama dengan yg diketik di keyboard )Karna tinta akan habis, Cara lainnya saya hanya mematikan dan menyalakan kembali tombol on/off juga menekan tombol code + reset , smoga membantu 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s