Pempek Ebi

Jakarta, 3 oktober 2016

image

Sabtu kemarin berkaitan dengan ultah mama ditanggal 2, saya mencoba membuat pempek ebi sebagai hidangan untuk mama, gk pempek aja sih , tapi saya juga membuat zuppa soup dan varian dari puff pastry nya juga, sebenarnya maunya membuat pempek dengan bahan dasar ikan, tapi karna budgetnya yg saat ini belum mencukupi ya akhirnya bikin pempek ebi , yg penting niatnya kan 😋  , lagi pula rasanya juga lumayan kok dan juga empuukk..
Photo diatas adalah hasil pempeknya sebelum digoreng, bentuknya belum sempurna dan ukurannya pun gak sama :), finno ikut excite membentuk pempek , dia membuat dengan ukuran yang mini2 bahkan dia menyebutnya dengan varian baru pempek, pempek mini katanya, setelah matang pun dia lahap sekali memakannya, untuk photo yg setelah di goreng tidak Ada Karna lupa di photo udah keburu disantap.
Cuss ya resepnya nih ..

Bahan :
Biang
250 gram tepung terigu
Air 500ml
Garam 2sendok teh
1 sachet kaldu bubuk
Ebi 50gram, dihaluskan
Bawang putih 6buah dihaluskan

Bahan lain :
Tepung tapioka 500gram
Telur 2 butir
Telur 3 butir ( untuk Isi )

Cuko :
300gram gula merah
100gram gula putih
2 sachet asam
1sdt garam
2 siung bawang putih ( terdiri dari 18 – 20 buah bawang)
2sdm cuka masak
3 gelas air
30buah cabe rawit

Cara :
1.Buat biang terlebih dahulu , masak air ,garam,kaldu, ebi&bawang putih yang dihaluskan tunggu mendidih masukkan terigu aduk2 dengan sendok kayu, matikan api pindahkan adonan ke mangkuk besar , masak air dipanci besar untuk merebus.
Biang yg sudah agak dingin, diuleni dengan telor aduk rata /mixer dengan whisk spiral setelah merata masukkan tapioka perlahan uleni dengan tangan sampai kalis.
2. Kocok telur di dalam sebuah gelas ukur, sisihkan.
3. Bentuk pempek menjadi pempek lenjer dan kapal selam, untuk yg kapal selam agak tricky untuk pemula seperti saya, buat bulatan tekan tengahnya agak dalam bentuk seperti mangkuk Isi dengan telur kocok kurleb 3/4 Karna begitu di katupkan telur akan naik dan keluar dari permukaan atas jadi jangan penuh2, rapatkan sisi atasnya lalu rebus sampai smua adonan habis ,proses perebusan kurleb 20menit.
4. Angkat dan tiriskan dari air rebusan.
5. Buat cuko :
Haluskan bawang putih, ebi, cabe rawit dan garam, rebus dengan 3 gelas air , masukkan gula merah yg sudah dihancurkan tambahkan gula pasir aduk hingga larut , matikan api tambahkan cuka ,aduk rata lalu saring.
6. Goreng pempek hingga kecoklatan, tiriskan minyaknya potong2 pempek sajikan dengan cuko ,irisan ketimun dan mie , kemarin dari resep ini menghasilkan kurleb 26 pempek dengan ukuran yang tidak sama 😄 . selamat mencoba .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s